Fiber Optic Installation





Tujuan Pembelajaran
a. Menjelaskan konsep metode pengupasan kabel optic
b. Mengenalkan perangkat pemotong dan pengupas kabel optik
c. Menerapkan metode pengupasan kabel optik

Dasar Teori
Struktur komplet fiber optik terdiri dari inti/pembungkus inti (cladding)/lapisan luar (primari coating) kabel. Inti terbuat dari kaca, cladding juga terbuat dari kaca tetapi dari bahan yang berbeda berfungsi sebagai wave gauide untuk menjaga serat optic tetap di inti. Primary coating sebagai pelindung dari sinyal luar khususnya UV yang dapat menyebabkan interferensi serat optik. Berikut ini Gambar susunan fiber optik;








Sebelum dilakukan pengupasan terhadap inti fiber optik maka langkah awalnya melakukan pembuangan lapisan-lapisan jaket luar. Setelah itu, membersihkan lapisan buffer primer. Terdapat 2 pendekatan untuk mengupas lapisan buffer primer yaitu menggunakan bahan kimia dan teknik mekanis.
 • Metode kimiawi
Keuntungan menggunakan bahan kimia untuk mengupas buffer primer adalah bahwa kita tidak perlu khawatir akan timbulnya kerusakan mekanis (goresan atau retakan)pada permukaan mantel. Sebotol bahan kimia ini biasanya diberikan pula ketika membeli kabel optik. Oleskan larutan atau gel yang terdapat di dalam botol pada permukaan lapisan buffer primer dan diamkan hingga dua atau tiga menit. Larutan tersebut akan melunakkan buffer plastik sedemikian rupa, sehingga dengan mudah buffer primer dilepaskan menggunakan selembar kertas tissue saja. Larutan ini memiliki bau yang sangat mirip dengan larutan penghilang cat (paint-remover). Hati-hati menggunakan larutan ini,hindari kontak langsung dengan kulit dan mata. Gunakan pelindung jari dan mata.
 • Metode mekanis
Cara kerja dari metode ini, prinsipnya sama dengan alat/tang pengupas kabel listrik, hanya saja tingkat keakuratannya lebih tinggi. Secara sederhana alat ini akan menjepit dan merobek plastik buffer dengan mata pisaunya hingga mencapai persis di atas permukaan mantel fiber optik namun tanpa menyentuh mantel. Kabel kemudian ditarik sehingga potongan buffer yang terjepit mata pisau akan tertinggal.

Keselamatan Kerja
Pakailah pakaian kerja yang benar
Letakkan perlatan kerja dan bahan pada tempat yang telah disediakan 
Gunakan semua peralatan sesuai dengan fungsinya
Bekerjalah dengan hati-hati dan teliti
Ikuti petunjuk dosen pembimbing
 
Komponen
Lakukan pengupasan kabel fiber dengan panjang ± 1m

Kemudian kupaslah buffer primer dengan fibber stripper dengan panjang ± 1 cm


Ulangi langkah ke-2 agar Anda menguasai teknik mekanik ini
Amati proses ketika Anda melakukan pengupasan kabel, berikan kesimpulan mengenai tekanan pengupasan, sudut mengupas/membersihkan fiber.

PEMASANGAN KONEKTOR KABEL FIBER OPTIC
 Merupakan proses yang cukup rumit dan memerlukan peralatan yang tepat. Namun, dengan cara yang tepat dan beberapa peralatan yang dibutuhkan, Anda dapat dengan mudah menyelesaikan proses pemasangan konektor kabel fiber optic. Berikut adalah cara pemasangan konektor kabel fiber optic:

1.Persiapkan peralatan yang dibutuhkan. Anda akan memerlukan konektor fiber optic, alat pemotong kabel, alat pemotong konektor, alat penghalus ujung kabel, alat pemasangan konektor, dan alat pengujian konektor.

2.Potong ujung kabel fiber optic dengan alat pemotong kabel yang telah disiapkan. Pastikan ujung kabel yang ditajam dan rata.

3.Gunakan alat penghalus ujung kabeluntuk menghaluskan ujung kabel yang telah dipotong. Ini akan membantu dalam pemasangan konektor nanti.

4.Potong sekitar 1 cm dari ujung kabel yang telah dihaluskan dengan alat pemotong konektor. Pastikan potongan kabel yang rata dan tidak ada serat yang terurai.

5.Masukkan konektor ke dalam alat pemasangan konektor. Kemudian masukkan ujung kabel yang telah dipotong ke dalam konektor.

6.Tekan konektor ke dalam alat pemasangan konektor selama beberapa detik sampai konektor terpasang dengan baik.

7.Gunakan alat pengujian konektor untuk memastikan konektor terpasang dengan benar dan tidak ada masalah dengan sambungan.

8.Setelah semua tahap di atas selesai, konektor kabel fiber optic sudah siap digunakan.
Perlu diingat bahwa pemasangan konektor kabel fiber optic memerlukan ketelitian dan kesabaran.


SIGIT SATRIO PAMBUDI

Halo, Nama saya adalah Sigit Satrio Pambudi dan saya adalah seorang pelajar. Sebagai seorang pelajar, saya selalu bersemangat untuk belajar hal-hal baru dan mengeksplorasi berbagai bidang ilmu. Saya yakin bahwa pendidikan adalah kunci untuk mencapai kesuksesan dan saya berusaha untuk menjadi siswa yang rajin, bertanggung jawab, dan tekun. Saya terus berusaha untuk meningkatkan kemampuan saya dan mewujudkan impian saya untuk menjadi orang yang sukses dan berkontribusi bagi masyarakat.

Lebih baru Lebih lama