Internet of Things (IoT)



 Internet of Things (IoT) adalah istilah yang mengacu pada jaringan perangkat elektronik, kendaraan, dan peralatan yang terhubung ke internet dan dapat saling berkomunikasi dan bertukar data. IoT memungkinkan pengumpulan dan analisis data yang lebih besar, dan memberikan peluang untuk mengembangkan layanan yang lebih canggih.

IoT terdiri dari sensor dan perangkat yang terhubung ke internet, yang memungkinkan penggunaan data yang dihasilkan oleh sensor tersebut untuk mengoptimalkan proses bisnis, memperbaiki kinerja, dan memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan. Contoh penggunaan IoT adalah smart home, kendaraan otonom, smart city, dan smart factory.

Meskipun IoT menawarkan banyak manfaat, namun terdapat beberapa tantangan yang harus dihadapi, seperti keamanan dan privasi data, interoperabilitas, dan skala penerapan yang besar. Oleh karena itu, pengembangan IoT harus memperhatikan aspek keamanan dan privasi, serta standar dan regulasi yang diperlukan untuk memastikan bahwa teknologi ini digunakan dengan cara yang bertanggung jawab.


Sumber:

Atzori, L., Iera, A., & Morabito, G. (2010). The Internet of Things: A survey. Computer Networks, 54(15), 2787-2805.

Gubbi, J., Buyya, R., Marusic, S., & Palaniswami, M. (2013). Internet of Things (IoT): A vision, architectural elements, and future directions. Future Generation Computer Systems, 29(7), 1645-1660.






SIGIT SATRIO PAMBUDI

Halo, Nama saya adalah Sigit Satrio Pambudi dan saya adalah seorang pelajar. Sebagai seorang pelajar, saya selalu bersemangat untuk belajar hal-hal baru dan mengeksplorasi berbagai bidang ilmu. Saya yakin bahwa pendidikan adalah kunci untuk mencapai kesuksesan dan saya berusaha untuk menjadi siswa yang rajin, bertanggung jawab, dan tekun. Saya terus berusaha untuk meningkatkan kemampuan saya dan mewujudkan impian saya untuk menjadi orang yang sukses dan berkontribusi bagi masyarakat.

Lebih baru Lebih lama